Biomassa

12 Januari 2013

biomassa

TARGET 2013 TIDAK TELAT !!!

Jargon itulah yang tertanam di jiwaku sebagai resolusi 2013. Bukan tidak berhasil. Namun, butuh waktu alias proses. Pagi ini di jam kimia kayu yang kuliahnya mulai jam 08.00, aku terlambat masuk. Untungnya dosen belum memulai pelajaran, masih membacakan kontrak kuliah. Lah iya, ini kuliah pertama di semester genap tahun pertamaku di fakultas.

Dengan ter-engos-engos napas aku meminta izin masuk kelas, dan alhamdulillah diizinkan. Seperti burung elang yang mencari mangsa. Mataku dengan tajam mencari kursi kosong. Yap! Aku dapat. Lumayanlah di baris ke tiga, masih terlihat jelas sorotan slide dari proyektor di depan. Di sampingku ada wajah baru. Siapa dia? Seperti biasa aku selalu ‘sksd’ alias sok kenal sok dekat dengan orang baru. Setelah ku telusuri dengan mewawancara, kini ku dapat juga datanya. Beliau mahasiswa kimia angkatan 46 yang mengambil supporting cours kimia kayu. Namanya cantik, Ima Rahmawati. Kesan pertamaku mengenal beliau sih bagus. Semoga dapat terajut jalinan ukhuwah di antara kami, seperti ikatan lignin pada selulosa dengan topangan hemiselulosa di dalam sel kayu.

Kini ku bungkam. Berusaha tidak mengganggu orang di sekitarku dan fokus terhadap pembelajaran, Manahan kantuk yang terkadang datang tak diundang. Asyik juga ternyata matkul yang satu ini. Benar-benar menyenangkan. Membuka wawasan tentang pengetahuan baru.

Biomassa, inspirasiku pagi ini. Energi baru yang satu ini ternyata dapat menghasilkan 200 kali pasokan konsumsi minyak bumi di dunia saat ini jika 1% saja potensinya dikonversi menjadi energi. Bagaimana jika yang dikonversinya total 100%? Wow, bisa dibayangkan! Selain potensinya yang besar, energi alternatif yang satu ini juga bersifat renewable. Sehingga, kita tidak perlu khawatir kehabisan bahan baku. Tinggal bagaimana kitanya saja dalam mengelola. Mampukah untuk menjaga bahan bakunya untuk tetap ada? Memang perlu kesadaran, yang justru kesadaran inilah yang sulit dibangkitkan dalam diri seseorang. Tapi, aku pastikan “itu bukan aku!”.

Selamat datang ilmuan baru

Selamat datang inovator dunia

Selamat datang MUNIRA

Selamat berjuang mengelola pemanfaatan sumber daya alam lestari dengan ILMU dan IMAN : )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s